CARA INSTALL RASPBERRY PI OS DI RASPBERRY PI 3 MODEL B+ | Persiapan (Bagian 1)

Halo semuanya, sharing kali ini tentang cara install Raspberry Pi OS pada Raspberry Pi 3 Model B+. Raspberry Pi OS yang akan diinstall adalah RPi OS dengan base Debian Buster. Sharing akan dibagi menjadi beberapa post agar tidak terlalu panjang. Jadi tetap nantikan post selanjutnya.

 


Post pertama membahas tentang tahap persiapan, yaitu apa saja alat dan aplikasi yang dibutuhkan.

Berikut ini empat peralatan yang dibutuhkan:

  • Mikro SD 
  • Card reader
  • WiFi + internet
  • PC / laptop

Spesifikasi dari mikro SD (sd card) yang digunakan kalau bisa class 10  ya, sehingga pemrosesannya lebih cepat. Tapi kalau adanya yang tidak class 10 ya tidak masalah.  Card reader tidak ada spesifikasi khusus, yang penting PC/laptop yang digunakan bisa baca card reader ini. WiFi dibutuhkan untuk bisa melakukan remote (kendali) dari PC/laptop ke RPi. Koneksi internet dibutuhkan untuk mendownload beberapa aplikasi dan file yang diperlukan (akan dijelaskan selanjutnya). PC/laptop yang digunakan harus bisa membaca card reader, menggunakan WiFi, terhubung dengan internet, dan memiliki akses administator untuk keperluan install-menginstall.

Berikut tiga aplikasi yang perlu diinstall:

SD Memory card formatter digunakan untuk memformat sd card yang dimiliki. Format yang dilakukan dengan aplikasi ini berbeda dengan format biasa (format dengan klik kanan, pilih Format). Win32DiskImager berfungsi untuk menulis image ke sd card. File extractor digunakan untuk mengekstrak file RPi OS yang baru didownload. 

Image RPi OS bisa didownload pada link ini. Ketika file image yang didownload berbentuk kompresan, sehingga perlu diekstrak sebelum ditulis ke sd card. Ketika membuka link download RPi OS, ada tiga pilihan image yang bisa didownload, yaitu: Desktop dengan recommended software, desktop saja, dan lite. Desktop artinya image memiliki tampilan atau Graphical User Interface (GUI). Sedangkan lite artinya tidak memiliki tampilan, hanya berupa Command Line Interface (CLI). Karena tujuan kali ini hanya untuk melakukan remote saja, dan kebetulan saya minim monitor, keyboard, dan mouse, sehingga akan menggunakan yang lite.

Cukup dulu posting kali ini, posting kedua akan mulai membahas langkah-langkah intallasi RPi OS di RPi 3 model B+. Kalau masih bingung, bisa nonton videonya juga. Tetap pantengin ya untuk post selanjutnya.


Salam share,


Funtastic Share.

Komentar