CARA INSTALL RASPBERRY PI OS DI RASPBERRY PI 3 MODEL B+ | Cara Mengatur Statik IP (Bagian 6)

Halo semuanya, sharing kali ini tentang cara mengatur statik IP pada Raspberry Pi OS pada Raspberry Pi 3 Model B+. Raspberry Pi OS yang akan diinstall adalah RPi OS dengan base Debian Buster. Sharing akan dibagi menjadi beberapa post agar tidak terlalu panjang. Jangan lupa baca dulu post pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima tentang persiapan, cara install, cara mengaktifkan SSH, cara mengatur jaringan WiFi sebelum booting, dan melakukan remote SSH ke RPi.


Pengaturan statik IP ini diperlukan agar RPi memiliki IP yang selalu sama, sehingga memudahkan kita untuk melakukan remote SSH ke RPi. Berikut adalah langkah untuk mengatur statik IP pada RPi:

  1. Pastikan kalian sudah masuk ke terminal RPi
  2. Masuk ke folder /etc, dengan menggunakan command `cd /etc`
  3. Masuk ke file dhcpd.conf unruk melakukan edit file, dengan menggunakan `nano dhcpd.conf`
  4. Tambahkan pengaturan berikut ke dalam file dhcpd.conf
    Atau
    interface wlan0
    static ip_address=192.168.8.109/24    
    static routers=192.168.8.1
    static domain_name_servers=192.168.8.1 8.8.8.8
    
  5. Simpan file dan keluar dari file.
  6. Reboot RPi, dengan command `sudo reboot`.

Perubahan statik IP ini bisa dilihat pada router gateway, seperti pada posting keempat. Jika perubahan statik IP sudah berhasil, artinya RPi sudah menggunakan IP yang sudah ditentukan.

Cukup dulu postingan kali ini. Kalau masih bingung, bisa nonton videonya juga. Selanjutnya lanjut berkarya dengan menggunakan RPi. Tetap ditunggu ya untuk post selanjutnya dengan topik lainnya. 

Jika bingung dan ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya di comment post atau video kami. Kami akan berusaha untuk membantu dan berbagi informasi. Berbagi pengalaman juga ga salah. Karena sharing itu ga salah dan ga dosa.


Salam share,

 

Funtastic Share

Komentar