CARA MEMPERBAIKI BETAFPV LITE RADIO 2 TRANSMITTER | GIMBAL RUSAK

 

Halo semuanya, beberapa minggu yang lalu, saya membeli remote BETAFPV LITE 2 RADIO TRANSMITTER. Rencana mau dipakai untuk latihan drone menggunakan simulator. Tapi tiba-tiba remotenya error di gimbal sebelah kiri bagian yaw.

Cara saya memastikan kalau gimbal sebelah kiri nya error adalah dengan melakukan pengaturan kalibrasi di simulator yang saya gunakan.

Berikut adalah cara menyambungkan remote BETAFPV ke komputer / laptop:

  1. Hidupkan remote sampai ada getaran dua kali dan led pada tombol power nyala berwarna biru
  2. Sambungkan / colokin kabel data yang tersambung dari komputer / laptop ke remote
  3. Periksa apakah remote sudah terhubung dengan komputer / laptop lewat Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers
  4. Jika remote terdeteksi dari Control Panel artinya remote sudah terhubung dengan komputer / laptop

Setelah remote berhasil terhubung dengan komputer / laptop, selanjutnya pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan simulator. Simulator yang dipakai adalah Lift Off dari Steam. Berikut adalah cara set up remote pada simulator.

  1. Masuk ke simulator Lift Off
  2. Masuk ke Options > Control > Calibrate > Manual Calibration
  3. Periksa motion gimbal sebelah kanan dan sebelah kiri remote untuk memastikan bagian mana yang kurang sesuai

Pada kasus saya, gimbal sebelah kiri seolah-olah melakukan gerakan ke kiri terus walaupun diarahkan ke kanan.

Berasumsi bahwa memang kesalahan ini terjadi pada remote, selanjutnya dilakukan pemeriksaan pada remote. Berikut cara bongkar remote:

  1. Lepaskan / copot baterai
  2. Lepaskan semua baut yang ada
  3. Lepaskan / copot cover belakang

Setelah cover belakang dilepas, langsung bisa dilihat bahwa ada kabel yang lepas. 

Sehingga kabel perlu disambungkan lagi dengan cara disolder. 

Jika dianggap sudah cukup dan terpasang dengan baik, lanjut ke pamasangan cover belakang, pemasangan baut, dan pemasangan baterai.

Hanya sebuah dugaan, lepasnya kabel gimbal mungkin disebabkan karena kabel yang digunakan pada bagian yang bergerak bukan menggunakan kabel fleksible. Ada kemungkinan kabel ketarik ketika remote digunakan sehingga terlepas. Hanya dugaan.

Bagi temen-temen yang punya barang elektronik atau barang hobbies yang rusak, jangan langsung dibuang, tapi coba diperbaiki dulu. Siapa tau kerusakannya simple dan bisa diperbaiki sendiri.

Itu dulu untuk artikel kali ini, cara memperbaiki BETAFPV LITE RADIO 2 TRANSMITTER. Semoga post ini bisa membantu bagi kalian yang punya masalah sama dan bisa bermanfaat untuk menambah ilmu. Jika penjabarannya kurang jelas, bisa langsung liat videonya aja disini. Kalau masih kurang jelas lagi dan ingin bertanya, bisa tinggalkan komentar di video atau post ini.

Salam Share,


Funstatic Share

Komentar