CARA BUAT QUOTE SOURCE CODE DI BLOG

Halo semuanya, kali ini kita akan share tentang cara membuat quote source code di blog.

Karena saya menggunakan blogger sebagai platform blog saya, jadi saya akan menunjukkan sepintas cara menambahkan quote source code di blogger. Pembuatannya menggunakan HTML, sehingga mau pakai platform apa saja juga bisa.

Ketika kita ingin membuat post mengenai source code, kita akan menemukan masalah dalam penyajiannya. Disini saya menggunakan sebuah aplikasi web untuk mengenerate quote source code yang ingin disajikan. Aplikasi webnya bisa di akses pada hilite.me

Setelah mengakses aplikasi web tersebut, kita akan dihadapkan dengan sebuah tampilan seperti berikut. 

Tulis source code yang ingin disajikan pada text area "Source Code", yang ditunjukkan anak panah nomor 1.

Pilih bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman berfungsi untuk memberikan highlight yang berbeda pada variable, fungsi, syntax, dan komponen lainnya pada source code yang dipilih. Bahasa pemrograman dapat dipilih pada combo box yang ditunjukkan anak panah nomor 2. 

Hal yang bisa diatur yaitu CSS. Namun saya pribadi sudah cukup puas dengan default bawaan aplikasi web ini.

Quote source code bisa digenerate dengan mengklik tombol "Highlight!" seperti yang ditunjukkan anak panah nomor 3.

Jika sudah digenerate, HTML dan preview yang sesuai akan tertampil. Preview bisa dilihat seperti yang ditunjukkan anak panah nomor 4, sedangkan HTML bisa didapatkan pada text area HTML yang ditunjukkan anak panah nomor 5.


Selanjutnya, sisipkan HTML tersebut ke post yang ingin dibuat. Pada halaman tambah post atau edit post, klik icon pensil, seperti yang ditunjukkan anak panah untuk mengubah tampilan dari "Compose view" menjadi "HTML view". 
 

Jika sudah pada "HTML view", tinggal sisipkan HTML tadi dan lanjutkan post yang ingin dibuat. Pembuatan quote source code sangat mudah, namun tetap membuat posting menjadi enak dibaca. 

Sekian dulu share kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa nantikan post selanjutnya.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar