PENGENALAN DASAR HTML | Pengenalan (Bagian 1)

Halo semuanya, kali ini bakal sharing tentang dasar HTML. Seperti biasa, topik akan dibagi menjadi beberapa post agar tidak terlalu panjang dan lebih mudah di cari kalau hanya butuh bagian tertentunya. Tetap nantikan post selanjutnya ya.

Post pertama berisi mengenai perkenal sepintas tentang HTML. Dasar HTML ini cukup penting dalam pengembangan web. Walaupun di internet sudah banyak beredar template HTML yang bagus, menarik, dan gratis, namun tidak ada salahnya untuk mengenal mengenai dasar HTML. Dasar HTML ini cukup berguna misalnya kalau ingin menambahkan atau mengubah tombol / textbox pada halaman web. Atau bagi kalian yang mengikuti post sebelumnya, tentang cara buat blog menggunakan Blogger, kalian bisa juga mengatur format post dengan menggunakan HTML.

 

Apa itu HTML?

HTML (Hyper Text Markup Languange) merupakan bahasa standart yang digunakan untuk membuat halaman website. Berisi deskripsi tentang struktur halaman web, yang terdiri dari serangkaian element-element. Element-element ini yang memberitahu cara browser untuk menampilkan isi atau content.

Apa yang dimaksud dengan element?

Element pada HTML didefinisikan dengan tag pembuka, isi atau content, dan tag penutup. Misalnya:

<p>Ini paragraph pertama</p>

Dengan "<p>" merupakan tag pembuka, "Ini paragraph pertama" merupakan content, dan "</p>" merupakan tag penutup.

Bagaimana cara melihat hasil HTML?

Hasil HTML bisa langsung dibukan lewat web browser, seperti Google Chrome, Mozille Firefox, Opera, Safari, dan lainnya. Tujuan dari web browser sendiri adalah untuk membaca dokumen HTML dan menampilkan isi dokumen sesuai filenya.

Bagaimana bentuk struktur HTML?

HTML terdiri dari bagian head dan body. Yang tertampil pada web browser hanya yang berada di body.

Bagaimana cara coding HTML?

Coding HTML tidak memerlukan apa-apa sebagai alat, kecuali web browser, yang kemungkinan semua PC/laptop pasti memiliki minimal 1. Menggunakan Notepad sudah cukup untuk melakukan coding HTML. Tentu sangat terbuka jika ingin menggunakan text editor lainnya. Dan jalan lupa untuk mengganti ektensi dari file, yang semula default Notepad adalah .txt diubah menjadi .html

Sekian dulu post kali ini. Kalau masih bingung, bisa langsung dilihat video kami (link video akan menyusul). Post kedua akan membahas mengenai dasar HTML untuk pembuatan paragraf. Pantengin terus post selanjutnya. 


Salam share,


Funtastic Share

Komentar