PENGENALAN DATABASE | Apa itu Database?

Halo semuanya, kali ini kita akan sharing tentang pengenalan Database secara singkat. 

Apa sih database itu?

Database adalah kumpulan dari informasi atau data yang disimpan pada sistem komputer. Database biasanya diatur oleh Database Management System (DBMS). Database Management System atau DBMS merupakan aplikasi interface antara database dengan pengguna atau program. Aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna untuk melihat, mengubah, dan mengelola informasi pada database. Singkatnya: data, DBMS, dan aplikasi yang berkaitan disebut sebagai database system, dengan singkat disebut Database.

Data biasanya dimodelkan dalam bentuk baris dan kolom dalam sebuah tabel. Hal ini dibuat untuk mempermudah proses penambahan, modifikasi, penghapusan, dan lainnya. Untuk melakukan proses tersebut, banyak database (khususnya relational database) yang menggunakan Structured Query Language (SQL). Structured Query Language (SQL) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk melakukan manupulasi, pencarian, pengaksesan, dan lainnya. Walaupun mulai banyak bahasa pemrograman atau framework yang dikembangkan, namun SQL masih banyak digunakan.

Apa bedanya dengan Spreadsheet?

Bagi yang bingung apa itu spreadsheet, speadsheet ini misalnya Excel kalau punyanya Microsoft Office. Kalau punyanya Libre namanya Calc, kalau punyanya Google namanya Google Sheet, dan lain sebagainya.

Balik ke pertanyaan, database dan speadsheet sama-sama mudah digunakan. Namun dua hal tersebut memiliki perbedaan yang jelas. Perbedaanya bisa dilihat di tabel berikut.

Perbedaan Spreadsheet Database
Kompleksitas pengolahan data Mudah Kompleks
Siapa yang bisa mengakses Didesign untuk satu user, namun bisa digunakan lebih dari satu Bisa diakses banyak user secara bersamaan
Banyak data yang bisa disimpan Penampungan data terbatas Dapat menampung banyak data

Tipe database ada apa saja?

Sejujurnya jika ditanya tentang hal ini, saya kesulitan menjawabnya. Ketika melakukan surfing mengenai tipe database, tiap sumber menyebutkan jumlah dan tipe database yang berbeda-beda. Tipe database ini saya yakini berubah-ubah karena teknologi database masih dikembangkan sampai saat ini. Jika ada yang kurang sesuai, mohon bisa untuk dikoreksi ya.

Disini saya akan mengkategorikan tipe database berdasarkan struktur databasenya, yaitu:

  • Relational Database. Bisa disebut SQL database. Karena database ini menggunakan SQL, sehingga cocok digunakan untuk menyimpan data yang terstruktur. Data disimpan dalam bentuk table.
  • Non-Relational Database. Merupakan kebalikan dari relational database. Sering disebut NoSQL database. Kebalikannya SQL, artinya database ini menyimpan data yang tidak terstruktur. Data disimpan bisa dalam bentuk tertentu berdasarkan database yang dipilih, diantaranya bentuk document, key-value, graph, dan lainnya.

Database mana yang paling bagus?

Database mana yang perlu dipilih adalah tergantung dari kebutuhan dan bentuk data yang ingin disimpan dan diolah. Jika data yang ingin disimpan adalah data yang bisa diprediksi, anggap saja ingin membuat penyimpanan data siswa, cocok menggunakan SQL database. Sedangkan jika datanya tidak bisa diprediksi, misal penyimpanan data sensor, dimana data tersebut tidak terprediksi isi datanya namun ingin menyimpan semua data yang ada, maka lebih cocok menggunakan NoSQL database.

Pembuatan aplikasi yang ringan dan skala kecil, mau menggunakan database mana saja tidak masalah, sesuai selera dan pengalaman saja. Namun jika ingin membuat aplikasi dengan skala besar, permainan big data dan lainnya, saya sarankan untuk melakukan perancangan perkiraan data yang akan disimpan, seberapa banyak transaksi yang akan dilakukan. Perhatikan juga resource mesin yang digunakan untuk databasenya. Saat ini, saya belum bisa menjudge mana database terbaik, karena belum ada pengalaman sampai ke big data. Jadi database apapun yang ingin dipilih, tergantung dari bentuk data yang akan disimpan.

Sekian dulu post kali ini. Semoga bermanfaat. Jika malas baca, bisa langsung liat video ini. Pantengin post selanjutnya. 


Salam share,


Funtastic Share

Komentar