PENGENALAN MQTT | Apa itu MQTT?

Halo semuanya, kali ini kita bakal sharing sekilas tentang pengenalan MQTT.

Apakah itu MQTT?

MQTT, atau Message Queuing Telemetry Transport, merupakan protokol komunikasi untuk perangkat  Internet of Things (IoT). Beberapa keuntungan menggunakan protokol ini yaitu:

  • Ringan dan bisa digunakan untuk mikrokontroller yang minim resource
  • Efisien yaitu menggunakan bandwidth yang rendah
  • Komunikasi dua arah sehingga memungkinkan cloud/server dan perangkat bisa berkomunikasi
  • Bisa ditambahkan keamanan menggunakan TLS dan OAuth
  • Dan lainnya

Bagaimana proses kerja MQTT?

Proses kerja MQTT menggunakan arsitektur Publish dan Subscribe. Publish dan subscribe ini tergantung dari topik yang digunakan. Topik adalah salah satu komponen pembentuk pesan. Komponen lainnya adalah payload. Secara singkat, pengirim harus publish topik yang sama dengan disubscribe penerima.

Bagaimana proses publish dan subscribe bisa terjadi? 

Protokol komunikasi MQTT menggunakan model Client dan Broker. Client adalah yang melakukan publish dan/atau subcribe, sedangkan broker adalah perantara atau pendistribusi pesan. Ketika client mempublish pesan, broker akan meneruskan pesan ke client yang mensubscribe. Satu broker terhubung oleh banyak client. Jika digambarkan secara sederhana yaitu sebagai berikut.

Bagaimana cara menggunakan MQTT?

Di internet sudah ada yang menyediakan layanan broker MQTT gratis dan ada pula yang berbayar. Broker MQTT bisa dibuat pada lokal jaringan sendiri. Salah satu broker MQTT yang bisa digunakan adalah Mosquitto. Untuk instalasi dan penggunaannya bisa ditunggu posting selanjutnya.

Sekian dulu post kali ini. Jika masih bingung, bisa langsung cek video ini. Nantikan post selanjutnya mengenai instalasi dan penggunaan MQTT.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar