PENGENALAN XENDIT | Apa sih Xendit itu?

Halo semuanya, kali ini kita mau bahas tentang Xendit. Mungkin dari kalian udah ada yang pernah denger Xendit tapi masih belum tau apa fungsi. Atau bahkan bagi kalian yang baru dengar Xendit, langsung aja pantengin terus disini karena kita bakal bahas sekilas tentang Xendit.


Xendit? Apa sih itu?

Xendit merupakan media untuk mengumpulkan uang. Kalau diibaratkan, Xendit itu seperti wadah penampungan uang. Xendit dapat membantu kita dalam penemerimaan pembayaran maupun pemberian tagihan.

Apa bedanya Xendit sama rekening bank biasa?

Beda banget. Rekening bank adalah rekening keuangan kalian. Berfungsi untuk mecatat transaksi dan saldo rekening. Sedangkan Xendit itu ya Xendit, digunakan khusus untuk menerima pembayaran dan memberikan tagihan. Rekening bank dan Xendit itu tidak bisa disamakan.

Terus implementasi Xendit untuk apa?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Xendit ini adalah wadah. Wadah yang bisa menampung penerimaan pembayaran dari misalnya dompet elektronik (seperti OVO, DANA, LinkAja), kartu kredit, QR Code, akun virtual bank tertentu, dan lainnya.

Kalau mau menerima pembayaran dari dompet elektronik, misal OVO. Bukannya bisa langsung daftar jadi OVO merchant ya? Kenapa harus lewat Xendit?

Iya, jika usaha yang mau dibuat hanya terbatas pada pembayaran OVO saja. Dan tidak, jika usaha yang mau dibuat pengen bisa semua pembayaran virtual. Dari sudut pandang perlukan menggunakan Xendit atau langsung daftar jadi merchant tertentu, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan penggunaan Xendit.

Kelebihan:

  • Praktis, tidak perlu daftar jadi semua merchant 
  • Pembukuan lebih mudah, karena uang masuk ke dalam satu wadah penampungan yang sama, sehingga tidak tercecer

Kekurangan:

  • Uang disimpan oleh pihak ketiga. Misal tidak dari OVO to OVO, tapi dari OVO to Xendit to rekening yang dipilih 
  • Tidak lengkap, misal tidak support Gopay, Shopeepay, dan lainnya

Kok kayaknya lebih enak langsung daftar jadi merchant tertentu ya?

Ya itu pilihan. Jika kita punya usaha sendiri, ada baiknya kita ke langsung daftar jadi merchantnya.

Lah terus Xendit buat apa? -_-

Xendit ini dibutuhkan oleh developer website untuk dapat memanfaatkan fitur pembayaran online, jika menemui client yang tidak berbadan usaha dan hanya ingin membuat website ringan. Contohnya, jika seseorang ingin memiliki website penggalangan dana APD (Alat Pelindung Diri) untuk tim medis. Website khusus ya, jadi anggap saja orang tersebut tidak mau menggunakan platform seperti change.org atau lainnya. Orang tersebut mungkin hanya orang biasa, dalam hal ini tidak berbadan usaha. Tentu ada kemungkinan orang tersebut tidak memiliki semua dompet elektronik. Misal hanya memiliki OVO, itupun OVO pribadi dimana untuk melakukan transfer antar OVO harus mengupgrade akun OVO yang ingin transfer menjadi premium. Sehingga pilihan hanya terbatas pada rekening bank orang tersebut. Disini, developer website yang bertugas membuat website penggalangan dana tersebut, bisa menawarkan opsi menggunakan Xendit untuk dapat membuka peluang menerima pembayaran yang lebih luas.

 

Udah sampai sini, silahkan yang memilih perlukah lanjut membaca bagian lain tentang Xendit atau tidak.

Yang jelas, artikel ini selesai sampai sini. Tujuan artikel ini adalah untuk pengenalan sekilas tentang Xendit. Artikel ini dibuat tidak terlalu mendalam, sehingga untuk pembaca yang merasa Xendit ini tidak relevan untuk dirinya, bisa langsung menghindari artikel berlabel 'Xendit'. Tapi jika pembaca cukup antusias dengan hal ini, bisa lanjut dan baca artikel lainnya berlabel 'Xendit'.

Sekian dulu untuk post ini. Bisa juga liat video ini kalau males baca. Mari saling sharing pengalaman, karena sharing itu gak salah dan gak dosa.

 

Salam share,

 

Funstastic Share

Komentar