REVIEW AIR FRYER NOTALE

Halo semuanya, kali ini kita mau review produk yaitu Air Fryer Notale.

Dari namanya, "fry" artinya menggoreng dan "air" artinya udara. Jika digabungkan jadi "menggoreng menggunakan udara". Yups, air fryer bekerja dengan pemanasan sirkulasi udara. Jadi sistemnya: udara dipanasin dan dibiarkan bersirkulasi secara cepat di dalam sebuah wadah, sehingga panasnya akan merata.

Air Fryer dianggap salah satu metode diet yang baik karena dapat meminimalisir penggunaan minyak goreng tanpa banyak mengubah tekstur makanannya.

Sebelum memilih produk air fryer, hal yang harus dilakukan adalah melakukan perhitungan secara kasar penggunaan daya listrik di rumah. Banyak air fryer menggunakan daya di atas 1000 watt. Dalam kasus saya, rumah saya memiliki daya 1300 watt. Kalau dihitung jika menggunakan air fryer dengan daya di atas 1000 watt, sepertinya sangat mepet sekali. Mungkin terlihat pas, namun sebenarnya ketika saya menggunakan alat ini, kemungkinan besar saya pasti juga sedang menggunakan rice cooker. Selain itu perhitungkan juga hal-hal yang mungkin nyala misalnya kulkas, kipas, dan lainnya. Daripada mengambil resiko jeglek ketika sedang memasak, saya lebih memilih mencari air fryer dengan penggunaan daya di bawah 1000 watt.

Per saat ini, banyak merk-merk terkenal yang belum menyediakan air fryer dengan watt kecil. Saya hanya menemukan beberapa pilihan dengan watt di bawah 1000, dan kebetulan saya memilih produk ini.

Produk ini mengklaim:

  • Less oil. Hal ini sudah pasti air fryer harusnya ya less oil.
  • Multi function. Artinya bisa digunakan untuk menggoreng dan memanggang (baked dan grill).
  • Healthier choice. Menurut saya ini merujuk ke poin pertama, karena less oil sehingga menjadi pilihan yang lebih sehat.
  • Capacity 2L. Artinya memiliki kapasitas sampai dengan 2 liter.

Produk ini juga memiliki fungsi automatic switch off yang artinya jika selama 5 menit tidak ada perintah atau trigger kontrol maka alat akan otomatis mati.

Terdapat 2 pengaturan penggunaan disini, yaitu: kontrol suhu dan kontrol timer. Kontrol suhu dengan suhu maksimal 200 derajat celsius. Dan kontrol timer mulai dari hitungan menit sampai maksimal 30 menit.

Disini juga ada sekilas panduannya perkiraan menit dan suhu yang digunakan. Misalnya untuk kentang goreng frozen, sekitar 12 - 16 menit di suhu 200 derajat celsius. Untuk panduannya menurut saya kurang jelas karena menggunakan ikon-ikon dan saya tidak mengerti maksud dari ikonnya itu apa.

First impression saya terhadap air fryer secara keseluruhan adalah sangat memuaskan. Hasilnya jadi seperti digoreng. Kalau ditanya rasa, sebenarnya rasanya agak berbeda dengan makana yang digoreng dengan minyak. Jelas lebih enak yang menggunakan minyak. Tapi karena memang bisa tidak menggunakan minyak sama sekali, jadi sudah cukup enak. Rasanya tetap kayak digoreng dengan minyak.

First impression saya terhadap Air Fryer Notale ini juga sangat memuaskan per artikel ini dibuat. Dengan harga yang cukup terjangkau namun sesuai dengan ekspektasi. Kalau ditanya pemakaian jangka panjang, saya masih belum bisa bilang. Karena produk ini baru kemarin diunboxing dan sampai artikel ini keluar baru dipakai 3 kali. Mungkin nanti kedepannya bisa diupdate lebih lanjut tentang produk ini.

Worth atau engga?

Untuk saat ini, saya bilang worth kalau punya budget, concern masalah kesehatan, tapi hobi makan gorengan. Selain itu worth juga untuk kalian yang kesehariannya sibuk. Makanan tinggal dicemplungin ke air fryer, ditimer, dan bisa ditinggal melakukan hal lainnya. Tapi tidak worth kalau memang belum ada budget, tidak suka makan gorengan, dan tentunya daya rumah tidak mencukupi.

Sekian dulu post kali ini, semoga membantu. Tetap pantengin post selanjutnya. Kalau ada update, nanti akan diupdate lagi. Lihat juga video kita tentang review produk ini disini.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar