REVIEW LOGITECH C930E BUSINESS WEBCAM

Halo semuanya, kali ini kita akan bahas tentang webcam lagi. Sekarang kita akan bahas saudara dari webcam kemarin, yaitu Logitech C930E Business Webcam.

Ketika kita membeli webcam ini, berikut adalah barang yang akan kita dapat dari dalam box:

  • Webcam Logitech C930E
  • Lens cover / menutup lensa
  • User manual

Sesuai dengan namanya, C930E diperuntukkan untuk bisnis. C930E sudah tersertfikasi kompatibel dengan aplikasi seperti Skype, Microsoft Teams, Cisco Jabber, Zoom, dan lain sebagainya. Selain itu, webcam ini juga memiliki wide angle 90 derajat field of view, sehingga cocok digunakan untuk video conference. Tidak hanya wide angle, pada resolusi Full HD (1080p) dapat dilakukan 4x digital zoom. Fitur ini cocok sekali untuk men-zoom orang yang sedang berbicara saat melakukan video conference. Tidak sampai disitu fiturnya, webcam ini memiliki microphone yang sudah omnidirectional, sehingga suara bisa diterima dari segala arah.

Diluar fitur webcamnya sendiri, webcam ini diberikan penutup lensa untuk meminimalisir adanya lecet atau baret akibat pemindahan webcam. Adapula fungsinya untuk menjaga privasi. Semisal webcam sudah tidak digunakan, bisa langsung ditutup agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya ternyata video conference masih nyala, atau video masih merekam, atau yang lainnya.

Penggunaan webcam ini bisa dijepit di layar komputer/laptop. Bisa juga ditaruh pada tripod atau mini tripod. Namun sayangnya, webcam ini tidak dibundling dengan tripod atau mini tripod. Sehingga perlu adanya biaya tambahan untuk membeli tripod atau mini tripod.

Webcam ini masih menggunakan USB 2.0 tipe A, namun sudah siap jika menggunakan USB 3.0. Tentunya pengiriman datanya akan lebih cepat jika sudah menggunakan USB 3.0.

Berikut sertifikasi yang dimiliki:
- Tersertifikasi Skype for Business dan Microsoft Teams
- Teroptimalisasi untuk Microsoft
- Lync
- Sertifikasi Skype
- Kompatibel dengan Cisco
- WebEx

Sebagai informasi tambahan, review webcam C930E bisa dilihat disini. Di video tersebut, pengujian webcam menggunakan aplikasi bawaan laptop. Berbeda dengan yang C922. Karena aplikasi Logitech Capture belum support webcam C930E.

 

Pendapat saya tentang webcam ini: 

Seperti namanya dan peruntukkannya, webcam ini cocok untuk bisnis. Artinya cocok untuk meeting online, video conference, dan lainnya. Selain karena wide angle, gambarnya sudah bagus, sudah tersertifikasi beberapa software video conference yang banyak digunakan, dan masih banyak fitur lainnya yang sangat mendukung urusan bisnis. Namun harga webcam ini masih terbilang mahal, yaitu berkisar 1.9jt - 2jt. Untuk kalian yang punya budget lebih, khususnya untuk kantoran dan urusan bisnis, saya cukup merekomendasinya webcam ini untuk keperluan video conference atau meeting online. Namun untuk keperluan pribadi seperti streaming, saya tetap lebih menyarankan webcam lain seperti C922 misalnya.


Sekian post kali ini. Semoga membantu kalian yang sedang cari-cari webcam dan kalian yang sedang mempertimbangkan mau beli webcam apa. Bisa juga cek video review webcam ini disini. Jangan lupa tetap sharing, karena sharing itu ga dosa dan ga salah.


Salam share,

 

Funtastic Share

Komentar