REVIEW MINI WIRELESS KEYBOARD TOUCHPAD

Postingan kali ini kita akan sharing tentang produk yang namanya Mini Wireless Keyboard Plus Touchpad.

Dari namanya, terlihat global banget. Tapi namanya memang begitu. Bisa langsung search aja di e-commerce apa saja dan nanti akan langsung muncul. Produk ini tidak bermerk ya guys. Jadi kemungkinan produk dari China. Saya membelinya sekitar 50ribuan. Jadi itu ancer-ancer bagi kalian yang mau beli barang mini wireless keyboard plus touchpad serupa.

Produk ini mengklaim kalau bisa digunakan pada laptop, notebook, PS3, Xbox, smartphone, OTG, smart TV, android TV box, dan lainnya. Berikut adalah yang tersedia di dalam box:

  • Wireless keyboard
  • USB dongle
  • Baterai
  • Kabel USB
  • User manual

Bentuk dari wireless keyboardnya sendiri sangat kecil, ringan, dan egonomis. Dari fisiknya juga tidak terlihat seperti barang murahan meski harganya tergolong cukup murah. Karena keyboard ini memiliki touchpad nya juga, maka sangatlah berguna khususnya untuk penggunakan smart TV atau android TV box. Pada keybord ini terdapat tiga indikator, yaitu indikator power, baterai, dan sinyal transmitter. Indikator power akan menyala jika keyboard dinyalakan. Indikator akan nyala jika baterai tinggal sedikit dan ketika sedang melakukan charging. Indikator sinyal transmitter akan nyala ketika ada perintah atau ada penekanan tombol pada keyboard.

Cara penggunaan keyboard ini sangatlah mudah. Wireless keyboard ini sudah didesain untuk "plug-and-play". Yang artinya tancap dan langsung dapat digunakan, tanpa perlu ada pengaturan tambahan. Berikut adalah cara untuk menggunakan wireless keyboard ini:

  1. Pasang USB dongle pada perangkat yang ingin dikendalikan, misal android TV box, smartphone (via OTG), atau laptop.
  2. Hidupkan keyboard dengan menyalakan tombol power.
  3. Jika indikator sinyal transmitter sempat menyala, kemudian mati, artinya keyboard sudah terhubung.
  4. Untuk memastikan jika keyboard sudah terhubung, tekan tombol yang ada di keyboard sambil amati indikator sinyal trasmitter dan perangkat yang dikendalikan.

 

Bagaimana pendapat saya tentang produk ini?

Menurut saya, produk ini worth dengan harga segitu. Produk ini sangat membantu terutama bagi kalian yang menggunakan smart TV atau android TV box, dimana kendali perangkat tersebut kadang harus menggunakan mouse dan keyboard, sehingga menggunakan remote bawaan saja tidak cukup. Dengan harga segitu, wireless keyboard yang didapatkan empuk ketika ditekan dan touchpadnya berjalan dengan lancar. Selain fungsionalnya yang bisa berjalan semua, ada juga baterai yang rechargeable yang menjadi poin plus, sehingga tidak perlu sering beli baterai seperti remote pada umumnya. 

Sekian review tentang mini wireless keyboard plus touchpad. Semoga membantu. Bisa juga tonton review tentang produk ini disini. Jangan lupa tetap sharing karena sharing itu ga dosa dan ga salah.

 

Salam share,

 

Funtastic Share

 

 

Update penggunaan +- 1 bulan

 

Halo semunya, kali ini saya akan update penggunaan produk ini. Sejujurnya saya cukup kecewa dengan produk ini. Kurang lebih sebulan pemakaian, saya yakin keyboard tidak pernah kebanting atau jatuh, namun sudah tidak bisa digunakan lagi.

Yang saya alami adalah ketika USB dongle sudah ditancapkan, keyboard dinyalakan, indikator sinyal transmitter terus berkedip.

Hal yang sudah saya lakukan adalah dengan melakukan factory reset keyboard. Factory reset keyboard bisa dilakukan dengan menekan lama fn+fr. Hal tersebut sudah saya lakukan, namun tidak terjadi apa-apa. Sehingga saya berasumsi "mungkin" keyboard sudah terfactory reset, namun masalah belum terselesaikan karena masalah bukan ada pada keyboardnya.

Selanjutnya saya coba memeriksa apakah USB dongle-nya masih hidup atau tidak. Di USB dongle-nya sendiri tidak ada indikator yang menandakan nyala/mati. Sehingga saya coba colokkan ke laptop dan memeriksa device manager. Jika USB dongle masih hidup, seharus USB dongle terdeteksi. Namun hal tersebut tidak terjadi, USB dongle tidak terdeteksi. Sehingga saya simpulkan bahwa USB dongle-nya yang rusak. 

Berikut ini adalah dugaan saya. Kemungkinan karena USB dongle-nya rusak, sehingga keyboard wireless seakan-akan melakukan "boardcast" terus menerus untuk mencari receivernya. Namun karena tidak pernah ada balasan dari receiver, sehingga transmitter selalu mengirimkan data. Ini yang menyebabkan indikator sinyal transmitter pada keyboard selalu berkedip.

Sementara ini dapat disimpulkan bahwa USB dongle-nya rusak. Dan sejujurnya saya tidak berminat untuk menyelesaikan masalah ini. Bisa dibilang, ada harga ada kualitas. Memang kualitas keyboardnya sendiri sangat baik, namun mengorbankan ketahanan dari overall produk tersebut.

Sekian update saya tentang produk ini.

 

Salam share,

 

Funtastic Share

Komentar