SIMULATOR DRONE FPV DI ANDROID FPV FREERIDER RECHARGED

Halo semuanya, kali ini kita mau sharing tentang simulator dron FPV di android yang namanya Freerider Recharged.

FPV Freerider Recharge merupakan aplikasi android untuk simulasi FPV drone. Bagi kalian yang mau belajar FPV drone racing, bisa menggunakan aplikasi ini.

Hal yang dibutuhkan:

  • HP Android beserta aplikasi FPV Freerider Recharged.
  • USB OTG untuk menghubungkan remote transmitter dengan HP.
  • Remote transmitter (saya menggunakan BetaFPV Radio Lite 2).

Sebenarnya bisa juga tanpa menggunakan remote transmitter, tapi terkesan seperti jadi main game bukan simulator drone. 

Berikut cara menghubungkan remote transmitter dengan HP Android:

  1. Hidupkan remote trasmitter.
  2. Hubungkan remote transmitter dengan HP android dengan menggunakan OTG
  3. Di HP Android, masuk ke aplikasi Freerider Recharged.

Untuk resolusi dan graphic quality bisa disesuaikan dengan spesifikasi HP Android masing-masing ya.

Sebelum memulai simulasi drone, kita perlu melakukan kalibrasi kontroler. Kalibrasi kontroler bisa masuk lewat menu "calibrate controller". Setelah masuk ke menu ini, ikut langkah yang diarahkan untuk melakukan kalibrasi kontroler. Jika sudah selesai, akan ada konfirmasi atau pengecekan ulang apakah kontrol sudah sesuai atau belum. Jika pengaturannya sudah sesuai, pencet OK.

Selain melakukan kalibrasi kontroler, kita perlu juga memilih dan/atau mengatur settingan drone yang kita inginkan. Hal ini dapat dilakukan pada menu "Custom Setting". Yang terakhir adalah memilih map atau lokasi yang ingin dipakai.

Pada aplikasi Freerider, terdapat dua tampilan simulasi, yaitu FPV (First Person View) dan LOS (Line of Sight). Sedangkan untuk mode permainannya, terdapat tiga mode penerbangan yaitu mode leveling, mode acro, dan mode 3D.

Aplikasi ini bisa di download lewat Play Store. Terdapat tiga aplikasi Freerider, yaitu FPV Freerider Free, FPV Freerider, dan FPV Freerider Recharged. Untuk yang Free, pastinya aplikasinya gratis, namun setau saya ada batas waktu penggunaannya, jadi otomatis keluar ketika sudah simulasi selama beberapa menit. Untuk yang biasa itu berbayar seharga Rp.44.000 belum PPN. Dugaan saya  aplikasi sama persis dengan yang Free namun tidak ada batas waktu pemakaian simulator. Untuk yang Recharged berbayar Rp. 87.000 belum PPN (sekitar Rp. 99.500 termasuk PPN). Untuk perbedaannya dengan versi biasa masih belum saya pelajari lebih lanjut, tapi yang jelas map / lokasi nya ada berbeda.

Bagi kalian yang ingin belajar FPV drone, saya sangat merekomendasikan aplikasi FPV Freerider, khususnya yang Recharged. Memang perlu mengeluarkan uang yang dua kalinya dari FPV Freerider yang biasa, tapi kalau yang biasa sama yang free sama persis, buat apa beli yang biasa kan. Ini menurut saya loh. Yang jelas, overall, saya sangat merekomendasikan aplikasi simulator FPV Freerider ini. Menurut saya, FPV Freerider adalah simulator terbaik di Android.

Sekian sharing kali ini. Semoga membantu. Bisa juga liat video ini kalau mau liat langsung cara kalibrasi atau cara penggunaan simulatornya. Nantikan post selanjut dan jangan lupa keep sharing.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar