Arduino ESP8266 - Sketch Data Upload Error Esptool Not Found!

Pada posting kali ini, saya akan membahas error 'SPIFFS Error: esptool not found!' yang terjadi ketika melakukan sketch data upload pada ESP8266 menggunakan IDE Arduino.

Sebelum masuk kesana, saya akan memberikan informasi singkat mengenai alat yang saya gunakan. Saya menggunakan PC dengan OS Windows 10 untuk melakukan compiling firmware. IDE yang digunakan adalah Arduino IDE versi 1.8.9. Dan versi board ESP8266 (versi framwork) yang digunakan adalah 2.7.4.

Ceritanya berawal dari saya yang melakukan update board atau firmware ESP8266 ke dari versi tertentu (saya lupa versi berapa) ke versi 2.7.4. Ketika menggunakan versi sebelumnya, saya bisa melakukan sketch data upload. Namun setelah saya update, tools tersebut jadi tidak bisa digunakan dan menampilkan pesan error 'SPIFFS Error: esptool not found!'.

Solusi dari hal ini adalah dengan melakukan update tools untuk upload sketch data, yaitu ESP8266FS. Berikut adalah langkah untuk mengupdatenya:

  1. Download tools ESP8266 yang versi terbaru dari link ini https://github.com/esp8266/arduino-esp8266fs-plugin. Dari repository ini, kita bisa mengetahui rilis terakhirnya ada di versi berapa. Dalam kasus saya, saya mendownload versi 0.5.0. Downloadnya bisa dilakukan pada halaman rilis repository dan pilih yang berekstensi zip.
  2. Extract hasil downloadan. Hasil extractnya akan berupa folder ESP8266FS/tool dan di dalamnya ada file esp8266fs.jar
  3. Copy file esp8266.jar tersebut dan paste di direktori installan Arduino IDE kita. Dalam kasus saya, ada di C:\Program Files (x86)\Arduino\tools\ESP8266FS\tool
  4. Restart Arduino IDE dengan cara menutup dan membuka aplikasinya lagi

Selanjutnya kita akan langsung bisa mengupload sketch data. Jika tempat kalian masih menemukan error yang sama, mungkin kalian bisa coba menyesuaikan dengan versi toolsnya.

Sekian tentang error esptool not found ini ketika melakukan sketch data upload, semoga bisa membantu untuk teman-teman yang juga menemukan error yang serupa. Selamat mencoba. 


Salam Share,


Funtastic Share

Komentar