Windows 10 - Cara Auto Login User Lewat Registry Editor pada Windows 10

Pada postingan kali ini, kita akan membuat PC / Laptop kita yang bersistem operasi Windows 10 untuk dapat melakukan auto login. Untuk keperluan pribadi, saran saya sih mendingan tetap pakai login biasa aja, guna mempertahankan keamanan. Sedangkan untuk keperluan seperti pembuatan server atau sistem lain dengan Windows 10, auto login merupakan hal yang wajib dilakukan.

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan auto login. Cara pertama adalah lewat pengaturan User Accounts. Sedangkan cara kedua adalah lewat Registry Editor. Pada postingan ini, kita akan melakukan cara kedua. Cara pertama bisa dilihat pada postingan Windows 10 - Cara Auto Login User Lewat User Accounts pada Windows 10.

Karena cara ini sedikit lebih rumit dibandingkan cara pertama. Saya sarankan untuk melakukan cara pertama terlebih dahulu jika memungkinkan. Dalam kasus saya, entah kenapa saya tidak bisa menggunakan cara pertama pada Mini PC yang saya beli. Pada pengaturan User Accounts, checklist untuk mengaktifkan auto login tidak tertampil, sehingga saya harus menggunakan cara kedua untuk melakukan auto login pada PC tersebut. Sedangkan pada laptop pribadi saya, pilihan untuk auto login tertampil, sehingga memungkinkan untuk menggunakan cara pertama.

Berikut adalah langkah untuk mengatur auto login lewat registry editor:

1.) Masuk ke Registry Editor

Cara masuk ke registry editor adalah lewat run (dengan menekan tombol windows + R) kemudian ketik regedit

2.) Masuk pada direktori / subkey berikut di registry editor:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

Cara masuk ke subkeynya adalah dengan mengklik drop down yang ada di bagian kiri halaman registry editor, yang berbentuk seperti folder tree

3.) Edit atau tambahkan (jika belum ada) variable DefaultUserName, DefaultPassword, AutoAdminLogon pada subkey tadi

Sebelum menambahkan, pastikan memang tidak ada ketiga registry tersebut. Jika sudah ada, kita bisa tinggal mengeditnya. Untuk menambahkan registry, dilakukan lewat menu Edit > New > String Value


Jika sudah, kita bisa tinggal mencobanya dengan melakukan restart komputer / laptop. Dengan menggunakan cara diatas, di Mini PC yang saya gunakan berhasil dibuat menjadi auto login. Sekian sharing mengenai cara buat komputer / laptop jadi auto login. Jika cara ini terlalu ribet, kalian bisa lihat cara yang lebih mudah pada postingan Windows 10 - Cara Auto Login User Lewat User Accounts pada Windows 10. Selamat membaca dan mencoba.

 

Salam Share,


Funtastic Share

Komentar