Windows 10 - Cara Menonaktifkan Windows Updater di Windows 10

Halo semuanya, kali ini kita akan menonaktifkan windows updater pada sistem operasi Windows 10. Windows updater adalah komponen penting untuk menjaga sistem operasi kita agar tetap up-to-date. Namun sayang, terkadang selain memakan kuota internet, windows update juga membutuhkan waktu untuk updating. Hal ini akan cukup mengganggu jika kita membutuhkan komputer / laptop dengan cepat namun ternyata harus update terlebih dahulu. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan cara untuk menonaktifkan windows updater agar komputer / laptop kita tidak melakukan update. Hal ini sebaiknya hanya dilakukan jika kita mau membuat komputer / laptop kita menjadi server atau sistem lainnya yang bukan untuk pribadi.

Berikut adalah langkah untuk menonaktifkan windows updater dengan menonaktifkan servicenya, yaitu:

1.) Masuk ke halaman Services

Cara masuk ke halaman Services bisa dilakukan dengan mengetik "services" pada search windows atau mengetik "services.msc" pada run (run bisa dibuka dengan menekan icon windows + R)

2.) Cari services dengan nama Windows Update

3.) Pada service tersebut, klik kanan dan pilih Properties

4.) Ubah pengaturan Startup type menjadi Disabled

5.) Simpan pengaturan dengan cara klik Apply atau OK


Setelah melakukan langkah diatas sampai saat ini saya belum menemui windows update lagi. Entah memang lagi tidak ada update atau memang servicenya sudah nonaktif sehingga jadi tidak bisa update. Sekian untuk sharing kali ini. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selamat membaca dan mencoba.


Salam Share,


Funtastic Share

Komentar