Windows 10 - Cara Mengatur IP client dengan DHCP Server

Halo semuanya, pada postingan kali ini, kita akan menggunakan DHCP server pada Windows 10. DHCP server digunakan untuk mengatur agar client yang terhubung dengan server tersebut mendapatkan IP dari range yang sudah dipilih. Dalam hal ini, artinya Windows 10 sebagai sistem operasi dari sebuah server.

Bagi teman-teman yang sudah berhasil membuat hotspot dan berhasil terhubung dengan hotspot tersebut menggunakan perangkat lain, misalnya handphone, maka kalian tidak perlu menggunakan DHCP server dan tidak perlu membaca postingan ini. Dalam kasus saya, setelah berhasil membuat hotspot dan mengatur static IPnya, perangkat lain (handphone) tidak bisa terhubung ke akses poin tersebut dengan error atau stuck di bagian tidak mendapatkan IP. Namun jika saya mengatur IP static secara manual dari pengaturan handphonenya, handphone dapat terhubung ke akses poin. Hal ini yang menandakan jika server (komputer saya) tidak dapat memberikan IP pada client ingin terhubung. Untuk menangani hal ini, maka saya menggunakan aplikasi DHCP server.

Sebelum lanjut, pastikan kalian sudah membuat akses poin atau hotspot menggunakan komputer / laptop kalian. Kalau belum, kalian bisa baca posting Windows 10 - Cara Membuat Hotspot Tanpa Internet atau mengklik mobile hotspot ada komputer / laptop kalian jika memiliki akses internet.

Penjelasan detail mengenai DHCP server bisa dilihat pada website aslinya, yaitu: https://www.dhcpserver.de/cms/

Berikut adalah langkah untuk mengaktifkan DHCP server.

1.) Download DHCP server dari websitenya

File downloadan berbentuk zip, sehingga perlu diekstrak terlebih dahulu. Versi yang saya pakai adalah 2.5.2

2.) Jalankan dhcpwiz.exe

Gunakan wizard untuk menghasilkan pengaturan yang dibutuhkan. Ikuti wizardnya dan pilih yang dibutuhkan. 

Pada pengaturan kedua, bagian "Supported Protocols", centang untuk protokol yang dibutuhkan. Dalam kasus saya, tidak ada yang saya centang karena saya sudah membuat aplikasi web server (misalnya menggunakan Node.js ataupun Laravel). 

Pada pengaturan keempat, file INI sudah siap untuk ditulis. File INI adalah sejenis file config untuk DHCP server

3.) (opsional) Tambahkan pengaturan pembuatan service agar DHCP server bisa running tiap komputer dinyalakan

Hal ini dibutuhkan jika kalian mau membuat server atau sistem lainnya dengan komputer. Namun jika kalian tidak mau membuat service ini, maka bisa langsung ke langkah 4. Tambahkan config berikut di file INI

[SETTINGS]
....
InstallAsService=2

4.) Install dan jalankan aplikasi

Klik Admin ... untuk menggunakan aplikasi sebagai adminstrator. Kemudian klik install dan start pada bagian Service. Klik configure pada firewall configuration. Jika sudah, klik finish. Selain akhir dari pengaturan dhcpwiz.exe, halaman ini bisa dibuka dengan mengklik dhcpsrv.exe.


Sekian sharing tentang cara menggunakan DHCP Server. Semoga membantu. Selamat membaca dan mencoba.


Salam Share,


Funtastic Share

Komentar