React Native - Error Unable to Load Script ... pada APK Release

Halo semuanya, kali ini saya mau sharing tentang cara menangani error unable to load script pada APK rilis. Errornya hanya terjadi pada aplikasi rilis saja, sedangkan pada aplikasi debug, aplikasi berjalan sesuai dengan yang semestinya. Untuk membangun aplikasi, saya menggunakan react native yang running di atas OS windows 10.

Ketika melakukan build apk, baik apk debug maupun apk release, tidak terjadi error. Ini artinya aplikasi berhasil di build dengan sempurna dan berhasil terinstall juga. Namun ketika saya hendak akan membuka aplikasinya, aplikasi force close secara otomatis dan tidak mau terbuka. Disamping itu, di HP saya (Redmi) terdapat notifikasi jika ada crash untuk di kirim ke developer Xiaomi sebagai data pengembangannya. Dari pesan error ini, kemudian saya buka, dan terdapat informasi error di dalamnya. Sepenggal kalimat pertama pada pesan errornya adalah:

 

Unable to load script. Make sure you are either running a Metro server or your bundle 'index.android.bundle' is packaged correctly for release.

 

Untuk mensolving hal ini, saya melakukan langkah berikut:

1.) Membuat folder baru dengan nama assets yang berada di bawah direktrori android/app/src/main

2.) Masuk ke command prompt dan masuk ke direktori project berada

3.) Ketik command berikut di cmd untuk menuliskan bundle dan assets yang dibutuhkan:

npx react-native bundle --platform android --dev false --entry-file index.js --bundle-output android/app/src/main/assets/index.android.bundle --assets-dest android/app/src/main/res


Jika sudah berhasil melakukan ketiga langkah di atas, saatnya coba build aplikasi lagi dan coba masuk. Untuk kasus saya, hal ini berhasil dilakukan. Semoga ini bisa membantu teman-teman yang juga mengalami hal yang sama. Selamat mencoba.


Salam Share,


Funtastic Share

Komentar