Windows - Cara Setting Waktu pada Windows lewat Command Prompt CMD

Halo semuanya, kali ini kita akan mengatur waktu yang ada di komputer atau laptop kita lewat command prompt (CMD). Cara ini hanya bisa dilakukan untuk sistem operasi Windows. Waktu yang akan diatur yaitu jam, tanggal, dan timezone.

Sistem operasi yang saya gunakan untuk percobaan ini adalah Windows 10. Saya belum coba untuk Windows dibawahnya, namun saya yakin kalau commandnya sama.

Kenapa perlu repot-repot mengatur waktu yang ada di PC lewat command prompt? Hal ini mungkin tidak lazim dilakukan oleh pengguna atau end-user. Namun, dibalik itu, fungsi ini mungkin berguna bagi para pengembang atau developer atau teman-teman yang ingin melakukan pengaturan waktu lewat aplikasi lain (misalnya buat aplikasi desktop sendiri), bukan lewat dari UI Windows. Mungkin hal ini lebih umum digunakan bagi teman-teman yang bermain Mini PC dengan sistem operasi Windows.

 

Berikut adalah command yang digunakan untuk mengatur jam:

time 10:00:00

dengan format jamnya adalah {jam}:{menit}:{detik}


Berikut adalah command yang digunakan untuk mengatur tanggal:

date 04-10-2023

dengan format tanggalnya adalah {tanggal}-{bulan}-{tahun}

 

Format ini saya kurang tau apakah bisa dibolak-balik atau engga, tapi  yang jelas, PC saya pakai memang sudah menggunakan format tanggal seperti ini (bukan yang tahun atau bulannya dulu). Formatnya tanggal di PC bisa diatur lewat Settings > Time & Language > Date & Timer, bagian Formats.


Jika kita mau mengubah tanggal dan jam di waktu bersamaan, kita bisa tambahkan command &&, sehingga command menjadi:

time 10:00:00 && date 04-10-2023

 

Sekarang kita ke bagian timezone. Untuk melihat timezone yang saat ini terpasang, gunakan command berikut:

tzutil /g

 

Untuk melihat daftar timezone yang dikenali sistem, gunakan command berikut:

tzutil /l

UTC disini bisa kita samakan dengan GMT. Sehingga, jika Indonesia bagian barat (WIB) artinya GMT+0700. Jika Indonesia bagian tengah (WITA) artinya GMT+0800. Jika Indonesia bagian timur (WIT) artinya GMT+0900.

 

Untuk mengatur timezone, gunakan command berikut:

tzutil /s "SE Asia Standard Time"

Berarti kita jika ingin mengatur timezone menjadi WIB, kita bisa menggunakan SE Asia Standard. Sedangkan untuk mengatur WITA dan WIT, kita bisa gunakan waktu lainnya yang penting masih sama GMTnya, misalnya China Standard Time untuk WITA, dan Tokyo Standard Time untuk WIT.


Sekian tentang cara mengatur waktu lewat command prompt CMD pada sistem operasi Windows. Semoga membantu teman-teman yang membutuhkan informasi ini. Selamat membaca dan mencoba.


Salam Share,


Funtastic Share

Komentar