PENGENALAN EXPRESS NODE.JS | Inisialisasi Project (Bagian 1)

Halo semunya, kali ini kita akan sharing tentang penggunaan Node.js untuk web server. Posting akan dibagi menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu panjang dan bagi yang membutuhkan bagian tertentu agar bisa dengan mudah mencarinya.

Post pertama akan membahas mengenai cara insialisasi project Node.js dengan dependencies Express. Express merupakan framework Node.js untuk membuat aplikasi web. Hal yang pertama dilakukan adalah membuat folder projectnya terlebih dahulu. FYI, saya menggunakan OS Windows. Untuk membuat folder bisa dilakukan dengan cara manual atau bisa juga lewat command line dengan command berikut.

mkdir web-app
cd web-app

Selanjutnya inisialisasi npm (Node Package Manager). Inisialisasi package manager ini wajib dilakukan untuk semua project Node.js. Inisialisasi npm dapat dilakukan lewat command line dengan command berikut.

npm init

Ketika menginisialisasi npm, terdapat beberapa isian untuk melengkapi keterangan project, seperti gambar berikut.

Melengkapi keterangan project ketika inisialisasi npm tidak diwajibkan dan tidak ada efeknya dengan code yang akan dibuat. Untuk memberikan nilai default pada keterangan project, bisa menggunakan parameter -y, jadi seperti berikut.

npm init -y

Setelah menginisialisasi npm akan muncul sebuah file yang namanya "package.json". File ini yang sebenarnya harus ada pada tiap project Node.js. Salah satu fungsinya adalah untuk menyimpan dependencies serta versi dependecies yang digunakan pada project tersebut.

Jika npm sudah terinisialisasi, selanjutnya install dependencies Express dengan cara.

npm install express

Untuk membuktikan bahwa apakah benar package.json menyimpan versi dependencies yang digunakan atau tidak, bisa lihat pada file package.json jika dependencies express tertambah atau tidak.

Sekian untuk posting kali ini. Jika masih bingung bisa juga liat video ini (link video menyusul). Selanjutnya lanjut ke posting kedua untuk cara penggunaan dependencies Express.  Dan tetap pantengin juga post lainnya.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar