PENGENALAN EXPRESS NODE.JS | Penggunaan Express (Bagian 2)

Halo semunya, kali ini kita akan sharing tentang penggunaan Node.js untuk web server. Posting akan dibagi menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu panjang dan bagi yang membutuhkan bagian tertentu agar bisa dengan mudah mencarinya.

Post kedua akan membahas tentang cara penggunaan Express. Dengan asumsi kalian sudah memiliki folder project Node.js. Jika belum, bisa dilihat pada post pertama.

Untuk melakukan penulisan code, kita perlu membuat sebuah file. Nama file yang akan dibuat adalah "index.js". Pembuatan file bisa dilakukan manual atau menggunakan command berikut.

touch index.js

Selanjutnya masuk ke file dan edit. Ketik code berikut ke dalam file.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
const express = require('express');
const app = express();
const port = 3000;

app.get('/', function(req, res){
  res.send('HELLO WORLD!');
});

app.listen(port, function(){
  console.log('Buka aplikasi pada http://localhost:'+port);
});

Penjelasan code:

  • Baris 1: inisialisasi dependencies Express
  • Baris 2: inisialisasi variable app dengan object Express
  • Baris 3: inisialisasi port
  • Baris 5-7: penanganan jika menerima permintaan dengan method GET ke endpoint "/". Permintaan ditangani dengan mengirimkan balasan text "HELLO WORLD!"
  • Baris 9-11: melakukan bind dan listen ke port yang sudah diinisialisi pada baris 3. Aplikasi web yang dibuat dapat diakses pada port 3000

Gunakan command berikut untuk menjalankan web server.

node index.js

Berikut contoh tampilan ketika kita mengakses localhost port 3000 lewat browser.

Selain method GET, method POST juga sering digunakan. Method POST biasanya digunakan untuk mengirimkan data misal ketika submit form. Penggunaan method POST akan dibahas pada posting lainnya, karena akan dikombinasikan dengan HTML sebagai pembuatan formnya. Selain kedua method tersebut, ada dua method lainnya yang juga cukup sering digunakan, yaitu PUT dan DELETE. Namun kedua method ini tidak disupport semua browser, sehingga lebih disarankan untuk menggunakan GET dan POST saja.

Sekian untuk post kali ini. Jika masih bingung, bisa liat video ini (link menyusul). Lanjut ke post ketiga  mengenai struktur folder yang digunakan. Nantikan post selanjutnya.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar