Kanboard - Cara Integrasi Kanboard dengan Bot Telegram

Halo semuanya, kali ini kita akan mengintegrasikan atau menyambungkan Telegram pada akun Kanboard kita. Dengan melakukan integrasi dengan Telegram, kita dapat menerima notifikasi Kanboard secara realtime jika terjadi perubahan status tugas atau project. Perlu diingat bahwa notifikasi yang dihasilkan adalah aksi yang bukan kita lakukan.

Pengenalan singkat tentang Kanboard, Kanboard adalah sebuah alat yang berguna untuk memanajemen tugas dengan pemodelan kanban. Alat ini digunakan untuk membantu jalannya sebuah project, baik untuk pengembang project maupun untuk koordinator project. Untuk penjelasan lebih lanjut, kalian bisa langsung aja baca di websitenya https://kanboard.org/.

Sebelum masuk ke inti dari postingan ini, pastikan kalau kalian sudah memiliki Kanboard, sudah menambahkan plugin Telegram, dan sudah membuat bot Telegram khusus untuk menangani hal ini. Jika kalian belum menginstall Kanboard, kalian bisa lihat dari websitenya. Jika belum melakukan penambahan plugin Telegram, kalian bisa baca postingan Kanboard - Cara Tambah Plugin Telegram pada Kanboard. Jika kalian belum membuat bot Telegram, bisa baca postingan Telegram - Cara Buat Bot Telegram.


Berikut adalah langkah yang dilakukan oleh admin untuk mengintegrasikan bot Telegram yang telah dibuat dengan Kanboard

1.) Masuk ke akun admin Kanboard

2.) Masuk ke menu Settings

3.) Masuk ke menu Integrations

4.) Input username bot Telegram dan token yang diperoleh ketika kita membuat bot Telegram (diperoleh dari @BotFather)

5.) Klik Save


Jika sudah mengintegrasikan bot Telegram ke dalam Kanboard, selanjutnya tinggal mendaftarkan akun Telegram pengguna agar bisa mendapatkan notifikasi dari Kanboard. Untuk langkahnya, bisa lihat di postingan Kanboard - Cara Integrasi Notifikasi Akun Kanboard ke Telegram.


Sekian tentang cara mengintegrasikan Kanboard dengan bot Telegram. Semoga membantu teman-teman yang mau menghubungkan Kanboard dengan Telegram agar bisa mendapatkan notifikasi secara realtime lewat Telegram. Selamat membaca dan mencoba.


Salam Share,


Funtastic Share 

Komentar