Kanboard - Cara Tambah Plugin Telegram pada Kanboard

Halo semuanya, kali ini kita akan menambahkan plugin Telegram pada Kanboard yang kita miliki. Plugin Telegram memungkinkan kita untuk mendapatkan notifikasi Kanboard lewat Telegram yang kita miliki. Dengan menggunakan plugin ini, diharapkan kita bisa mendapatkan notifikasi secara realtime jika terjadi perubahan status tugas atau project.

Pengenalan singkat tentang Kanboard, Kanboard adalah sebuah alat yang berguna untuk memanajemen tugas dengan pemodelan kanban. Alat ini digunakan untuk membantu jalannya sebuah project, baik untuk pengembang project maupun untuk koordinator project. Untuk penjelasan lebih lanjut, kalian bisa langsung aja baca di websitenya https://kanboard.org/.

Dalam postingan ini, karena kita akan menambahkan plugin Telegram, sehingga tentunya kita harus sudah menginstall Kanboard terlebih dahulu. Untuk menginstall Kanboard, karena saya menggunakan shared hosting, cara installnya adalah bisa langsung memilih aplikasi yang mau diinstall lewat cpanel. Jika teman-teman memiliki VPS atau ingin install sendiri di lokal komputer, cara installnya bisa liat di website Kanboard aja karena saat ini saya belum ada rencana untuk melakukannya.


Berikut adalah langkah untuk melakukan install plugin Telegram:

1.) Masuk ke terminal hosting / komputer

2.) Masuk ke direktori dimana file Kanboard berada, kemudian masuk ke dalam folder plugins/

cd plugins

3.) Clone repository plugin Telegram

git clone https://github.com/manuvarkey/kanboard-plugin-telegram.git

4.) Rename direktori yang tadi di clone menjadi Telegram

mv kanboard-plugin-telegram/ Telegram/


Jika sudah selesai, selanjutnya kita tinggal periksa jika pluginnya sudah terpasang dengan login ke Kanboard kemudian ke menu Plugins.

Jika plugin sudah terpasang, nanti tiap akun perlu menyambungkan atau mengintegrasikan bot yang sudah dibuat dengan akun tersebut. Mengenai cara membuat bot telegram bisa dilihat di postingan Telegram - Cara Buat Bot Telegram. Cara untuk mengintegrasikan Kanboard dengan bot Telegram, bisa dilihat pada postingan Kanboard - Cara Integrasi Kanboard dengan Bot Telegram. Dan cara untuk mengintegrasikan akun Kanboard ke Telegram, bisa dilihat di postingan Kanboard - Cara Integrasi Notifikasi Akun Kanboard ke Telegram.

Sekian tentang sharing kali ini. Semoga membantu bagi teman-teman yang membutuhkan. Selamat membaca.


Salam Share,


Funtastic Share

Komentar