REVIEW JBL FLIP 4

Halo semuanya, kali ini kita mau review salah satu produk JBL by Harman, yaitu JBL Flip 4.

Keterangan singkat mengenai perusahaan JBL by Harman bisa dilihat pada post ini

JBL Flip 4 merupakan speaker bluetooth portable. Produk ini dikeluarkan tahun 2017.  Flip 4 berdimensi 68 x 175 x 70 mm, sehingga tidak terlalu makan tempat jika dibawa bepergian. Flip 4 terbuat dari bahan karet sehingga tahan  terhadap benturan. Flip 4 memiliki rating waterproof IPX7, yang adalah merupakan ketahanan air pada kedalaman 1 meter dengan waktu 30 menit. Flip 4 memiliki baterai dengan kapasitas 3000mah yang dicharge menggunakan kabel USB tipe B mikro kurang lebih 3,5jam pengisian dari habis sampai full. Untuk lama penggunaan baterai, produk ini mengklaim bisa memainkan musik sampai 12 jam tergantung pada volume dan isi audio yang dimainkan.  Seperti generasi adiknya (Flip 3), Flip 4 memilki mode Connect+. Connect+ adalah mode yang mengijinkan beberapa speaker dapat terhubung untuk memainkan musik yang sama. Flip 4 ini juga diklaim sebagai speakerphone, karena miliki mikrofon sehingga speaker ini bisa dijadikan mikrofon ketika melakukan conference call, mengangkat telpon, atau melakukan voice command (Siri atau Google Now). Flip 4 mempunyai 2 speaker transducer dengan daya 2x8 watt. jadi total adalah 16 watt dengan respon frekuensi 70Hz-20kHz. Dengan adanya 2 speaker transducer tersebut, menjadikan Flip 4 memiliki suara stereo.


Menurut saya:

Dari performa suara bisa dibilang cukup bagus kalau lihat dari bentuk yang kecil dan handy. Bepergianpun tidak perlu repot membawa audio yang besar dan tidak perlu pusing mikirin sumber dari audionya. Flip 4 sangat cocok untuk dibawa travelling, hiking, dan bepergian ke tempat yang minim listrik. Didukung juga dengan fitur waterproof dan dustproof, sehingga Flip 4 tahan terhadap hujan dan percikan air. Pengalaman saya sendiri yang pernah membawa Flip 4 saat hiking dan Flip 4 nya nyemplung ke gelas kopi. Hanya kopinya saja yang perlu dibuat lagi, sedangkan Flip 4 cukup dibersihkan saja dengan lap basah. Sampai sekarang Flip 4  yang kecemplung di air kopi masih saya pakai dan berjalan dengan baik. Fitur Connect+ nya juga berfungsi dengan baik, walaupun fitur ini sebenarnya fitur yang penting-penting-gapenting. Untuk menggunakan fitur ini, perlu menggunakan dua speaker. Padahal beli satu saja udah mahal banget apa lagi beli dua.

Overall, performa Flip 4 cukup baik. Namun perlu ditekankan  apakah dengan harga segitu, kita mampu atau tidak. Dalam kata lain, misal hanya punya uang 1.5jt untuk bulan ini sampai bulan depan, namun kita malah beli Flip 4 sehingga kita akan makan indomie sampai bulan depan. Ya sebaiknya jangan. Tapi kalau kalian mampu untuk belinya, silahkan banget. Perlu dipertimbangakan juga sekarang Flip 5 sudah keluar. Mungkin kalian bisa liat di reviewnya di post Review JBL Flip 5,

Sekian dulu post kali ini. Nantikan post selanjutnya. Bisa juga lihat video review kami disini (link video menyusul). Tetap sharing karena sharing itu ga salah dan ga dosa.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar