REVIEW JBL FLIP 5

Halo semuanya, kali ini kita mau review salah satu produk JBL by Harman, yaitu JBL Flip 5.

Keterangan singkat mengenai perusahaan JBL by Harman bisa dilihat pada post ini

JBL Flip 5 merupakan speaker bluetooth portable yang tahan air. Flip 5 berdimensi panjang lebar tinggi 69 x 181 x 74 mm, sedikit lebih besar dari Flip 4 namun tetap sangat ringkas dan cocok dibawa bepergian. Bahan casing Flip 5 terbuat dari karet sehingga tahan terhadap benturan. Selain itu Flip 5 memiliki rating waterproof IPX7, yang merupakan ketahanan pada kedalaman air 1 meter dengan waktu 30 menit. Flip 5 memiliki baterai kapasitas 4800mah yang di charge dengan kabel USB tipe C kurang lebih lama pengisian daya 2,5jam dari habis sampai penuh, sehingga pengisian baterai tentu lebih cepat. Flip 5 memiliki respon frekuensi suara 65Hz-20kHz dan satu speaker transducer dengan daya 20 watt. Hal ini menjadikan Flip 5 memiliki suara mono (tidak stereo).

Flip 5 memiliki fitur Party Boost. Party Boost adalah mode yang mengijinkan beberapa speaker, yang memiliki Fitur Party Boost, untuk dapat memainkan lagu secara bersamaan. Jadi jika 2 buah Flip 5 dikoneksikan dengan party boost, maka dapat menghasilkan suara stereo


Menurut saya:

Dari performa suara, Flip 5 sangat bagus jika dibandingkan dengan Flip 4, generasi adiknya. Beberapa hal seperti material casing dan ketahanan air (waterproof) sama seperti Flip 4. 

Ada beberapa alasan kenapa saya kurang suka dengan Flip 5. Pertama yaitu, Flip 5 menghilangkan jack aux (jack audio 3.5mm). Saya sebenarnya sangat menyayangkan hilangnya fitur ini, mengingat belum semua gadget yang saya punya support bluetooth, seperti PC rakitan. Sehingga saya perlu membeli dongle bluetooth kalau ingin menggunakan speaker ini sebagai speaker PC. Selain itu pernah ada kasus dimana saya ingin menyambungkan Flip 5 dengan HP saya.  Kebetulan HPnya mau dibuat main menggunakan gamepad bluetooth. Sekedar informasi bagi yang belum tau, bluetooth ini protokol komunikasi antara dua perangkat. Jika memilih antara gamepad atau speaker, tentu saya lebih pilih gamepad untuk dihubungkan dengan HP. Alasannya simpel, karena gamepad USB, yang bisa digunakan di PC/laptop, membutuhkan OTG untuk dapat terhubung ke HP. Selain itu, untuk menjalankan gamepad, HP harus diroot. Memang akhir-akhir ini mulai bermunculan HP yang sudah menghilangkan jack aux. Tapi menurut saya, sebaiknya jack aux tetap disediakan mengingat sekarang berada di era transisi teknologi, ada yang sudah support bluetooth, ada yang belum. 

Hal lainnya yaitu Flip 5 menghilangkan  mikrophone. Menurut saya fitur ini cukup penting dan banyak digunakan, misal ketika melakukan coference call.

Lanjut ke fitur Party Boost. Fitur ini mirip dengan Connect+. Beberapa perangkat yaitu Flip 4, Flip 3, Flip 4 charge, dan lainnya memiliki fitur Connect+. Sedanngkan, sampai saat ini, hanya Flip 5 yang memiliki fitur Party Boost. 

Overall, performa audio Flip 5 lebih baik dari generasi adiknya, Flip 4. Namun untuk fitur, sejujurnya saya lebih suka Flip 4 karena ada jack aux dan mikrofon. Semua pilihan tergantung dari kebutuhannya dan lingkungan. Jika memang gadget kita sudah support bluetooth dan speaker ini dibeli hanya untuk speaker saja, maka Flip 5 merupakan pilihan terbaik. Untuk review Flip 4, jika tertarik bisa langsung dibaca di post review JBL flip 4.

Sekian dulu post kali ini. Nantikan post selanjutnya. Tetap sharing karena sharing itu ga salah dan ga dosa.


Salam share,


Funtastic Share

Komentar

  1. Salam Kenal..

    Nice share kak..
    Saya disini juga pengguna JBL FLIP 5, untuk sound overall oke. Tapi yang saya mau tanyakan, pada saat di charge, apakah JBL FLIP 5 ini tetap menggunakan batere tanamnya dan tidak otomatis menggunakan daya listrik dari charger?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kak, bener. Walaupun di charge, tetep ngambil daya dari baterainya. Jadi speaker ambil dari baterai yang lagi di charge.

      Hapus

Posting Komentar