PERBANDINGAN JBL FLIP 4 DAN JBL FLIP 5 | JBL FLIP 4 VS JBL FLIP 5

Halo semuanya, kali ini kita mau membandingkan dua produk JBL by Harman. Produk ini produk kakak beradik, yaitu JBL Flip 4 dan JBL Flip 5.

Keterangan singkat mengenai perusahaan JBL by Harman bisa dilihat pada post ini. Review masing-masing produk ini bisa dilihat pada post Review JBL Flip 4 dan Review JBL Flip 5.

Empat hal yang ingin dibandingkan dari dua produk ini, yaitu:

  • Bentuk fisik
  • Fitur produk
  • Performa suara
  • Harga

Mulai dari bentuk fisik. Bentuk fisik dari dua produk ini sama. Material fisiknya juga sama. Flip 5 memiliki dimensi sedikit lebih besar daripada Flip 4. Bobot Flip 5 juga lebih berat dari Flip 4. Pada bagian port charging, Flip 5 sudah menggunakan USB tipe C, sedangkan JBL Flip 4 masih menggunakan USB tipe B mikro. Satu hal yang terlihat sangat jelas perbedaannya yaitu port aux (jack audio 3.5mm). Flip 5 tidak memiliki port ini, sedangkan Flip 4 punya. Hal ini yang menjadi poin negatif bagi saya, karena menurut saya era sekarang ini masih merupakan transisi teknologi sehingga masih ada gadget yang belum memiliki bluetootnya, misal seperti PC. Walaupun mulai ada beberapa gadget khususnya handphone yang sudah menghilangkan port aux.

Lanjut ke fitur. Kedua produk sama-sama memiliki rating IPX7 untuk ketahanan waterproof. IPX7 artinya tahan di kedalaman 1 meter dengan waktu 30 menit. Fitur lainnya adalah speakerphone. Flip 4 disebut sebagai speakerphone karena memiliki mikrofon sehingga bisa digunakan untuk menerima panggilan (namun untuk angkat telpon tetap lewat  handphone), conference call, dan melakukan voice command Siri  atau Google Now. Hal ini sangat disayangkan sekali, tidak ada di Flip 5. Selain itu, fitur yang bisa diabaikan jika hanya punya satu speaker ini saja, yaitu fitur Connect+. Flip 4 mendukung mode Connect+ sedangkan Flip 5 mendukung mode Party Boost. Mode Connect+ ini merupakan mode yang mengijinkan beberapa speaker untuk saling terhubung sehingga speaker-speaker tersebut dapat mengeluarkan output lagu yang sama. Speaker yang mendukung mode ini yaitu Flip 4, Flip 3, dan beberapa speaker JBL sebelumnya. Bisa dibilang Flip 4 dapat terhubung dengan speaker JBL versi dibawahnya yang support Connect+. Berbeda dengan Flip 5. Flip 5 hanya bisa terhubung dengan speaker yang memiliki mode Party Boost. Dengan kata lain, Flip 5 hanya bisa terhubung dengan Flip 5 lainnya. Perbedaan dari kapasitas batrai, Flip 4 memiliki kapasitas 3000mah sedangkan Flip 5 4800mah tetapi keduanya sama-sama mengklaim dapat untuk memutar  musik hingga 12jam. Yang membedakan adalah kecepatan chargingnya. Flip 5 tentu lebih cepat karena sudah menggunakan USB type C.

Bagian performa suara, tentunya Flip 5 tidak bisa diragukan lagi kualitas suaranya dari bass, mid, sampai ke trebel. Respon frekuensi Flip 5 65Hz-20kHz sedangkan Flip 4 70Hz-20kHz. Dilihat dari respon frekuensinya, jelas Bass Flip5 lebih bagus daripada Flip4. Untuk mid range, hampir tidak ada bedanya. Untuk trebel, suaranya Flip 5 ini lebih soft sehingga lebih enak didengar daripada Flip 4. Tetapi jika kalian ingin memiliki speaker stereo, pilihlah Flip 4 karena Flip 5 memiliki suara mono.

Kebagian terakhir, yaitu harga. Kalau dilihat ketika pertama kali launching, Flip 4 dan Flip 5 memiliki harganya yang sama yaitu 2.199.000 di official store. Namun jika kalian menjadi Flip 4 di official store, kemungkinan suadh tidak ada. Namun di onlineshop masih cukup banyak yang jual. Kalau sekilas dicari di marketplace, kisaran harganya yaitu Flip 4 sekitar 1.1jutaan sampai 1.3jutaanan, sedangkan Flip 5 sekitar 1.3jutaan sampai 1.5jutaan. Selain itu, pembelian produk JBL harus cermat, karena banyak produk KWan nya.

Sekian dulu post kali ini. Semoga bermanfaat. Bisa tonton juga video kami tentang perbandingan Flip 4 dan Flip 5 disini. Ada test sound nya juga disana. Jangan lupa tetap sharing karena share itu ga salah dan ga dosa.

 

Salam share,

 

Funtastic Share

Komentar